Jakarta – Saat membangun rumah, banyak orang menginginkan untuk memiliki desain yang baik dan pondasi yang kuat. Namun, keduanya tentu membutuhkan bahan dasar yang berkualitas.
Pasalnya, bahan bangunan berkualitas menjadi solusi untuk bangunan yang berfungsi dengan baik. Selain itu, kualitas konstruksi rumah juga akan sangat bergantung pada bahan yang digunakan.

Dilansir dari re-thinking the future, berikut 5 faktor yang perlu dipertimbangkan saat membeli bahan bangunan.

Biaya

Saat mencari bahan bangunan, harga menjadi salah satu yang paling sering dipertimbangkan. Biasanya, orang akan tergiur dengan produk-produk berharga murah yang belum tentu berkualitas. Padahal jika tetap digunakan, hal ini justru dapat menambah biaya di kemudian hari karena pondasi yang dihasilkan kurang kokoh.

Untuk itu, sebaiknya pilihlah produk bahan bangunan yang harganya terjangkau dan berkualitas. Memilih bahan bangunan yang baik akan melindungi bangunan rumah untuk jangka waktu yang lama sehingga lebih hemat biaya.

Daya Tahan

Beberapa bahan bangunan memiliki daya tahan yang lebih lama dan lebih tahan terhadap korosi, kelembapan, dan kondisi lingkungan lainnya. Jadi, pastikan bahan bangunan yang dipilih cocok dengan cuaca, iklim, dan kondisi lingkungan rumah Anda. Agar tak salah pilih, Anda juga bisa berkonsultasi dengan konsultan atau ahli bangunan saat memilih bahan bangunan yang sesuai.

Selain itu, cobalah untuk melakukan riset sendiri dengan membandingkan beberapa produk bahan bangunan. Anda bisa memilih bahan bangunan yang telah terpercaya akan daya tahan dan kekuatannya untuk membangun rumah.

Pemeliharaan

Selain daya tahan, bahan bangunan juga sebaiknya mudah dirawat. Pemeliharaan juga merupakan hal utama yang juga perlu diperhatikan dalam pemilihan bahan bangunan. Pemeliharaan yang mudah akan membantu bangunan tampak bagus dan baru untuk jangka waktu yang lama. Bahan bangunan berkualitas baik biasanya membutuhkan perawatan yang lebih sedikit daripada bahan bangunan yang standar dan murah. Ini tentunya akan menghemat biaya Anda untuk ke depannya.

Estetika

Selain kokoh, Anda tentu ingin punya rumah yang indah. Untuk itu, pastikan bahan bangunan dapat menambah nilai estetika pada rumah. Misalnya, Anda bisa pilih jenis bahan lantai yang dapat mengubah tampilan rumah jadi lebih indah seperti ubin keramik, granit, marmer, kayu, dan lainnya. Jika Anda menyukai konsep rumah dengan desain bata, pilihlah jenis bata yang menonjolkan kesan vintage, aestetik, atau elegan.

Performa

Memastikan bahan bangunan memiliki performa yang baik untuk menopang bangunan juga jadi hal penting. Saat menentukan bahan untuk atap, misalnya, Anda perlu memastikan bahwa bahan bangunan yang nantinya digunakan dapat sepenuhnya menopang atap. Bahan-bahan yang dipilih ini juga harus memungkinkan Anda untuk hidup nyaman tanpa efek yang tidak menguntungkan

Nah, itulah beberapa tips dalam memilih bahan bangunan untuk membangun rumah yang kokoh dan indah. Bagi Anda yang ingin membeli bahan bangunan, SIG menghadirkan bahan material konstruksi terlengkap dan berkualitas untuk solusi bangunan yang indah, kokoh, dan kuat. (sumber : news.detik. com)